Benarkah? 2018 Rotasi Bumi Melambat Dan Mengakibatkan Gempa Besar?


MicroNews1 | Menurut informasi yang sangat bisa dipercaya dan ilmiah, ternyata memang ada kalanya dalam suatu priode bumi mengalami perlambatan rotasi. Efek dari perlambatan rotasi diantaranya adalah hari semakin panjang (siang dan malam tergantung lokasinya), Musim dan yang paling mendapatkan perhatian adalah pada periode ini gempa besar semakin banyak terjadi.

Selama 2 minggu ini, di dunia sains dihebohkan oleh berita bagaimana efek yang terjadi bila rotasi bumi kita melambat di tahun depan. Karena pola sejarah memang membuktikan, gempa besar lebih sering terjadi pada saat bumi mengalami periode perlambatan rotasi.

Lalu, Apakah kita harus takut? Itu terserah anda, anda boleh pilih takut, boleh juga tidak dan cuekin aja.

Ada alasan mengapa kita abaikan saja perlambatan bumi yang dimulai tahun 2018, dan perkiraan resiko gempa besar yang akan lebih sering terjadi. Alasannya karena sampai saat ini para ilmuan hanya bisa mempekirakan gempa besar saja, tapi tidak memperkirakan dimana gempa itu bakal terjadi.

Dari pada anda terlalu takut pada sesuatu yang belum jelas pasti kapan dan dimana akan terjadi, pilihan yang mengabaikan juga bukan keputusan yang salah.

Lalu bagaimana jika takut? Memilih takut juga bukan pilihan yang salah. Ingat! letak georafis indonesia yang tepat di lempeng tektonik dunia? tanpa perlambatan rotasi bumi, resiko gempa bumi dan letusan gunung berapi termasuk tertinggi di dunia, wajar saja bila kita merasakan ketakutan.

WASPADA ADALAH PILIHAN YANG BIJAKSANA

kita tidak usah terlalu takut pada hal yang belum terjadi (dimana dan kapan) dan harus siap bila memang bencana itu benar-benar akan terjadi. Setidaknya informasi yang diberikan oleh perhimpunan geologi amerika ini bisa dijadikan sebagai peringatan awal(pertama), oleh kita yang hidup dan berteman dengan gunung-gunung berapi.

Saya pribadi tidak tau apakah informasi ini sudah didengar oleh pemerintah indonesia dan apakah mereka sudah mempersipkan kondisi yang akan datang. Tapi dari beberapa situs berita di indonesia, saat saya menulis artikel ini, belum begitu tergaung informasinya. tidak ada informasi "langkah antisipasi/waspada" dari indonesia pada hal yang begitu serius ini. Ya semoga saja ini hanya perkara wartawan yang lebih suka bikin berita "artis murtad, lepas jilbab dll". Semoga para pejabat yang bersangkutan sudah punya "Langkah Antisipasi/Waspada" untuk negri kita indonesia.

Hal yang terpenting yang harus dilakukan oleh indonesia:

1.Giatkan lagi pelatihan tanggap bencana.



Dengan latihan, masyarakat bisa semakin waspada dan tahu apa yang dilakukan saat bencana benar-benar terjadi. Ingat gak? korban tsunami di Aceh begitu luar biasa besar dari pada korban tsunami di jepang, Karena apa? karena saat itu masyarakat tidak tahu apa yang mesti dilakukan.

2.Periksa kembali semua peralatan detektor gempa dan tsunami.


Dua tahun pasca tsunami, indonesia banyak menginstall peralatan pendeteksi tsunami dan ditahun berikutnya, diberitakan alat itu banyak yang rusak maupun hilang. Kini saatnya kita periksa kembali bagaimana kondisi peralatan-peralatan peringatan dini itu, berapa yang rusak, berapa yang hilang, dan segera di perbaikin. Apakah ini termasuk sirine peringatan tsunami, masih bisa berbunyi keras atau tidak?

3.Persiapan Peralatan Pasca Bencana di setiap daerah.


Jika bencana itu benar-benar terjadi, maka satu-satunya yang kita lakukan adalah bagaimana secara cepat dan tepat menyelamatkan para korban. Semua peralatan dan alat medis, termasuk dari sisi sumber daya manusia yang akan menolong harus siap digunakan saat bencana terjadi. Coba kita perhatikan Jepang, Jepang hanya butuh 12 jam untuk memperbaiki jalan yang rusak parah akibat gempa besar dan mengakibatkan tsunami tahun 2011 lalu. Alat berat untuk memperbaiki jalan sangat vital, karena mempengaruhi kecepatan evakuasi dan distribusi bantuan saat gempa.

4. Siapkan anggaran/dana yang lebih besar


Pemerintah beruntung mempunyai rakyat indonesia adalah, masyarakatnya yang begitu guyub dan mau membantu saat saudaranya yang jauh di sana mengalami musibah. entah berapa triliyun yang dikumpulkan oleh masyarakat indonesia untuk korban gempa aceh 2004. Tapi meskipun begitu, Pemerintah indonesia jangan memanfaatkan sikap masyarakatnya yang begitu baik kepada saudaranya. Pemerintah juga harus dan wajib menyiapkan dana yang lebih besar demi menghadapi bencana yang diperkirakan lebih besar akan terjadi. Sediakan pada masyarakat mereka masih punya tempat untuk berharap.

0 Response to "Benarkah? 2018 Rotasi Bumi Melambat Dan Mengakibatkan Gempa Besar?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel